Kodachi 8116 atau dikenal juga dengan Kodachi International adalah salah satu sepatu paling fenomenal di Indonesia. Mulai tren di era 80an, dan keberadaannya tetap eksis hingga saat ini. Penyebarannya sangat gila, hampir di seluruh Indonesia wilayah di Indonesia kita bisa menemukan sepatu ini.  Meski penyebarannya dibilang sangat masiv, namun hingga artikel ini diangkat, belum ada satupun pihak yang serius membahas mengenai sepatu Kodachi 8116. Cukup aneh untuk ukuran produk se-fenomenal ini.

Menurut pihak pabrikan, Kodachi 8116 diperuntukkan bagi pelaku olahraga voli. Pihak pabrikan bahkan menegaskan hal ini dengan mencantumkan kalimat "Volley Ball Shoes" pada insole sepatu ini. Tapi seiring perkembangannya, Kodachi 8116 justru banyak digunakan pada pekerja lapangan, digunakan di latihan militer, dan olahraga-olahraga selain voli (seperti futsal, badminton, panjat dinding, dll). Menarik!

Kodachi 8116 mulai diperkenalkan di kalangan Parkour di Indonesia sendiri sekitar 2010. Gripnya yang luar biasa, kainnya yang kuat, bahannya yang ringan serta lentur, dan harganya yang sangat terjangkau membuat Kodachi 8116 semakin menyebar popularitasnya di Parkour, dan semakin banyak yang menyebut Kodachi 8116 sebagai sepatu parkour. Seru juga..

Kodachi 8116 tersedia dalam 4 strip yang agresif. Strip merah silver, Strip biru silver, Strip merah biru, dan Strip biru kuning.