A. Sepatu di Parkour

Parkour adalah aktivitas yang sedang digandrungi anak muda saat ini. Parkour dapat  dikategorikan sebagai aktivitas semacam olahraga, karena memang menguras fisik dan stamina saat melakukannya. Namun dapat dikategorikan sebagai sebuah seni seperti layaknya dance / tarian karena memang aktivitas ini syarat akan seni dan keindahan saat melakukannya.

Banyak sekali blog dan website baik di Indonesia maupun di luar negeri yang membahas tentang apa itu parkour,  siapakah pendirinya, bagaimana cara berlatihnya, dari mana parkour berasal, dan lain sebagainya. Mungkin hal tersebut akan kami bahas juga di waktu mendatang, tapi kali ini kami akan membahas mengenai salah satu komponen penting saat melakukan aktivitas parkour yaitu sepatu.

Sepatu menjadi salah satu komponen penting di aktivitas parkour. Bukan untuk gaya-gayaan, namun lebih ke arah pelindung kaki kita saat kita melakukan aktivitas parkour. Perlu sepatu yang kuat, aman melindungi kaki, lentur, serta nyaman.  Banyak juga pilihan dari banyak merk terkenal baik di luar dan di dalam negeri yang menawarkan sepatu dengan berbagai model terbaru dan termutakhir, namun ada baiknya jangan mudah berasumsi dengan mengatakan sepatu mahal selalu yang terbaik untuk parkour. Ada banyak faktor yang harus kita pertimbangkan untuk memilih sepatu untuk parkour. Apa saja poin yang harus diperhatikan? 
Berikut ini paparannya :

1. Sepatu harus nyaman digunakan
Kenyamanan adalah faktor terpenting yang harus diperhitungkan dalam memilih perlengkapan untuk melakukan aktivitas parkour. Saat melakukan aktivitas parkour, seluruh tubuh digunakan untuk bergerak, mulai dari kepala hingga kaki semuanya digunakan. Jadi kenyamanan merupakan poin utama yang harus diutamakan agar aktivitas berlatih parkour dapat maksimal.

Begitu juga saat memilih sepatu, dari segi sirkulasi udara, sebaiknya sepatu yang digunakan tidak membuat kaki cepat berkeringat, sirkulasi udara yang baik membuat kita betah menggunakan sepatu dalam rentang waktu yang relatif lama. Selain itu, bahan yang digunakan sebaiknya bahan yang lembut, sehingga tidak menyebabkan iritasi kulit.

2. Sepatu sebaiknya ringan
Parkour adalah aktivitas yang identik dengan gerakan yang cepat, terkontrol, repetisi berkali-kali, dan fluiditas tinggi. Semua poin tersebut tentu mengarah ke sebuah kesimpulan, perlengkapan untuk digunakan saat beraktivitas parkour harus ringan. Begitu pula dengan sepatu yang digunakan, sangat direkomendasikan menggunakan sepatu yang ringan agar kita dapat berlatih dengan maksimal, jangan sampai kita kelelahan karena sepatu kita berat dan mengganggu latihan kita.

3. Sepatu sebaiknya lentur
Seperti telah dijelaskan di poin kedua,  parkour identik dengan gerakan yang cepat, terkontrol, repetisi berkali-kali, dan fluiditas tinggi. Selain harus ringan, sepatu juga sebaiknya lentur. Kelenturan dapat dilihat dari kaku tidaknya sol, dan tebal tipisnya sol. Jangan sampai sepatu yang digunakan memiliki sol kaku, sehingga malah membahayakan praktisinya.  Lompatan menggunakan sepatu yang memiliki sol kaku membuat lompatan tidak lagi presisi, tentu saja hal ini berbahaya.  Sol yang terlalu tipis membuat kaki kita mendapat hentakan cukup keras saat melompat (tentu hal ini cukup berbahaya jika kita adalah pemula di parkour), namun sol yang terlalu tebal juga buruk, karena membuat kaki kita tidak sensitif dalam mendeteksi permukaan spot, atau dengan kata lain sol yang terlalu tebal dan empuk membuat kaki kita manja. Pilih sepatu yang lentur dengan sol yang tepat.



4. Sepatu sebaiknya memiliki harga terjangkau
Karena aktivitas parkour cukup boros dalam konsumsi sepatu, sebaiknya carilah sepatu dengan harga yang terjangkau. Ingat, sepatu mahal belum tentu terbaik, dan bisa jadi sepatu dengan harga relatif murah adalah pilihan terbaik :-)



B. Kodachi 8111 Dan 8116  Di Parkour

Sepatu kodachi mulai dikenal dikalangan praktisi dan penggemar parkour di Indonesia di tahun 2009.  Saat itu para praktisi parkour banyak menyebut sebagai sepatu wushu, karena bentuk dan warnanya identik dengan sepatu feiue yang digunakan di olahraga wushu / kungfu. Kurang tahu persis siapa yang memperkenalkan sepatu kodachi masuk ke dalam dunia parkour di Indonesia.  Namun di awal 2010, sudah banyak sekali praktisi di pulau jawa yang menggunakan kodachi sebagai sepatu parkour.

Salah kota yang terkena demam sepatu kodachi adalah surabaya, berikut ini sebuah video parkour dari andreas lucio, salah satu pencinta kodachi dengan sepatu kodachi 8116 nya







Gimana? Keren kan?

Kodachi yang pertama kali masuk dan digunakan kalangan praktisi dan penggemar parkour di Indonesia adalah tipe kodachi 8111. Namun seiring berkembangnya waktu nampaknya pengguna sepatu kodachi 8116 menjadi lebih banyak, mungkin karena sepatu kodachi 8116 memiliki harga relatif lebih murah daripada sepatu kodachi 8111 dan sama-sama memiliki grip atau daya cengkram yang baik pada solnya dan sama-sama lentur, meski dalam beberapa hal nampaknya sepatu kodachi 8111 memang lebih baik dari 8116 karena memiliki bahan lebih kuat.

Sepatu kodachi (tentunya hal ini mengarah ke tipe 8111 dan 8116) saat ini sangat direkomendasikan untuk digunakan praktisi parkour. Selain kualitasnya yang cukup baik, harganya juga sangat ideal untuk kantong orang Indonesia. So..? apa yang harus diragukan lagi?? Mari memilih sepatu kodachi 8111 dan 8116 sebagai pelengkap aktivitas parkour kalian


Pemesanan dan Info :
Via sms/whatsapp/telp ke  0857 1747 8836